Ads 468x60px

Rabu, 23 November 2011

Tugas : Delegasi Wewenang


Delegasi Wewenang

Delegasi wewenang adalah proses dimana para manajer mengalokasikan wewenang ke bawah kepada orang-orang yang melapor padanya. Efektifitas delegasi merupakan factor utama yang membedakan manajer sukses dan manajer tidak sukses.
Prinsip- prinsip klasik yang dapat dijadikan dasar untuk delegasi yang efektif adalah:
a.      Prinsip scalar
b.      Prinsip kesatuan perintah
c.       Tanggung jawab. Wewenang, dan akunbilitas

Delegasi adalah factor krisis bagi manajemen yang efektif, tetapi banyak manajer gagal untuk mendelegasikan atau mendelegasikan dengan lemah.
Louis Allen mengemukakan beberapa teknik khusus untuk membantu manajer melakukan delegasidengan efektif.
1.      Tetapkan tujuan
2.      Tegaskan tanggung jawab dan wewenang
3.      Berikan motivasi kepada bawahan
4.      Meminta penyelesaian kerja
5.      Berikan latihan
6.      Adakan pengawasan yang memadai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

News Studentsite

News Studentsite